Nama : Ellen Putri Sa’diyyah
NPM : 22215182
Kelas : 4EB19
Struktur Manajemen Sumber Daya Manusia PT. Pos Indonesia
Pengertian Sumber Daya
Manusia
Sumber
daya manusia (SDM) adalah salah satu faktor
yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik
institusi maupun perusahaan. Secara garis besar, pengertian Sumber Daya Manusia
adalah individu yang bekerja sebagai penggerak suatu organisasi, baik institusi
maupun perusahaan dan berfungsi sebagai aset yang harus dilatih dan
dikembangkan kemampuannya.
MSDM PT.Pos Indonesia
Untuk memperoleh, mempertahankan, dan
mengembangkan sumber daya manusia yang potensial,perusaan harus melakukan
serangkaian proses manajemen SDM,rekrutmen,seleksi,perjanjian kerja,orientasi
dan penempatan,pelatihan dan pengembangan karyawan,penilaian kerja,imbal jasa
sampai dengan pemutusan hubungan kera (PHK)
1. Perencanaan Sumber Daya Manusia
Perencanaan
merupakan langkah awal yang sangat menentukan keberhasilan
organisasi.Perencanaan yang kurang baik sama saja dengan membuat rencana untuk
gagal . Adapun perencanaan sumber daya manusia merupakan proses dimana manajer
memastikan bahwa mereka memiliki jumlah dan jenis orang-orang yang tepat
ditempat serta waktu yang juga tepat.Melalui perencanaan,organiasasi bias
menghindarkan diri dari kekurangan dan kelebihan personel yang mendadak
2. Rekrutmen
Dalam proses rekrutmen, perusahaan dapat menggunakan dua
sumber, yaitu sumber internal dan sumber eksternal. Beberapa perusahaan
mempunyai kebijakan promotion from within, yaitu mengutamakan pengisian jabatan
yang lowong dengan memprioritaskan promosi kepada karyawan internal perusahaan.
Namun, sebenarnya mekanismenya tidak hanya promosi, tetapi juga rotasi dan
demosi. Kalau promosi merupakan kenaikan jabatan, sedangkan rotasi adalah
perpindahan jabatan pada level yang sama, dan demosi adalah penurunan jabatan.
PT.
Pos Indonesia (Persero) melakukan rekrutmen dengan persyaratan tertentu.
Seperti;
· Warga
Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk.
·
Pendidikan min. S1
·
Berasal dari jurusan :
·
Akuntansi
· Teknik
Informatika
·
Manajemen
·
Komunikasi
· Hukum
·
Hubungan Internasional
·
Administrasi Bisnis
·
Psikologi
· MIPA
· Teknik
Industri
· Studi
Pembangunan
· Teknik
Sipil
· IPK
min. 2.70
· Diutamakan memiliki pengalaman kerja di
Bidang Perbankan, Bidang Logistik, Bidang Kurir, Bidang Ritel minimal 2 tahun.
· Usia pada tanggal 1 November 2016tidak lebih
dari 30 tahun.
· Bersedia
mematuhi seluruh ketentuan rekrutmen.
· Memiliki
Surat Keterangan Tata Cara Pendaftaran Kepolisian (SKCK) dan Surat Keterangan
Bebas Narkoba.
· Sehat
jasmani dan rohani yang dinyatakan dengan surat keterangan dokter.
· Bersedia ditempatkan di unit kerja PT Pos
Indonesia (Persero) di seluruh wilayah Republik Indonesia dengan membuat Surat
Pernyataan.
· Bagi pelamar berstatus bujangan bersedia
tidak menikah selama masa program pembelajaran dengan membuat Surat Pernyataan.
3. Seleksi
Setelah memiliki sejumlah kandidat, langkah
selanjutnya dalam proses manajemen sumber daya manusia adalah seleksi, yaitu
menyaring para pelamar kerja untuk menentukan siapa yang paling memenuhi
kualifikasi atas pekerjaan tersebut
PT. Pos Indonesia melakukan seleksi
berdasarkan ketentuan-ketentuan
-Tes Administrasi :
PT. Pos Indonesia melakukan
tes kepada calon karyawan dengan melihat apakah calon karyawan memenuhi
syarat-syarat yang telah ditentukan
-Tes Psikotes
Tes psikotes merupakan
sebuah tahapan yang digunakan oleh para psikolog yang tentunya diberikan mandat
oleh PT. Pos Indonesia untuk mendapatkan berbagai macam informasi mengenai
kondisi psikologis dari seseorang yang merupakan calon pegawai ataupun karyawan
tersebut
-Tes Kesehatan
PT. Pos Indonesia melakukan
tes kesehatan kepada calon karyawan agar mendapatkan karyawan yang sehat
jasmani dan rohani.
-Tes Wawancara
PT. Pos Indonesia melakukan
tes wawancara terhadap calon karyawan agar mendapatkan informasi tentang calon
karyawan.
4. Perjanjian Kerja
Setelah proses seleksi,
tahap berikutnya yaitu masuk dalam proses perikatan yang dilakukan melalui
perjanjian kerja antara karyawan dan perusahaan. PT. Pos Indonesia melakukan perjanjian kerja dengan
kedua pihak. Yang mana perjanjian tersebut terdapat penempatan kerja, hak dan
kewajiban karyawan, dll.
5.Orientasi dan penempatan
Adapun penempatan karyawan
baru merupakan serah terima karyawan baru kepada unit kerja yang membutuhkan
dan kepada pimpinan langsung. Dengan demikian, calon karyawan itu akan dapat
mengerjakan tugas-tugasnya pada jabatan bersangkutan. Sebelum
melakukan tes PT. Pos Indonesia mengimpormasikan bahwa calon karyawan bersedia
menempati jabatan di sesuai wilayah yang telah di tentukan.
6. Pelatihan
Pelatihan (training)
merupakan suatu proses yang sistematis untuk mengubah perilaku tertentu dari
tenaga kerja agar selaras dengan pencapaian tujuan perusahaan. Pelatihan
ditujukan untuk meningkatkan keahlian (skill) dan kemampuan (abilities) untuk
mengerjakan tugas saat ini dan membantu tenaga kerja untuk menguasai keahlian
dan kemampuan tertentu yang dibutuhkan. Sedangkan pengembangan lebih ditujukan
untuk meningkatkan keahlian konseptual dan pengembangan pribadi yang dibutuhkan
manajer untuk menempati jabatan yang lebih tinggi di masa
mendatang. Setelah ditempatkan calon karyawan pada posisi masing-masing
PT. Pos melakukan pelatihan untuk calon karyawan. Yang mana pelatihan terdapat
bagaimana karyawan dapat menyelesaikan tugas-tugas sesuai pada jabatan masing-masing.
7. Penilaian Kerja
Setelah karyawan diterima,
ditempatkan, dan dipekerjakan maka tugas manajer selanjutnya adalah melakukan
penilaian prestasi karyawan. Penilaian kinerja di antaranya dilakukan untuk
memberikan umpan balik kepada karyawan sebagai upaya memperbaiki kinerja
karyawan dan organisasi. PT. Pos Indonesia melakukan penilaian kinerja karyawan
agar dapat menentukan langkah selanjutnya agar karyawan dapat berkerja lebih
baik
8. Imbalan Jasa
Imbal jasa sering kali
dikaitkan dengan kompensasi dan tunjangan. Agar tenaga kerja dapat terus
menerus memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan, tenaga kerja
tersebut harus diberikan kompensasi yang sepadan atas kinerja yang telah mereka
tunjukkan. PT. Pos Indonesia memberikan suatu imbalan jasa dengan
bertujuan meningkatkandan memotivasikan kinerja karyawan menjadi baik.
9. Pemberhentian
1. Pemutusan Hubungan Kerja Sementara
PT. Pos Indonesia memberikan cuti kepada karyawan
dengan alasan tertentu
2. Pemutusan Hubungan Kerja Permanen
PT. Pos Indonesia memutuskan hubungan kerja untuk
selamanya terhadap karyawan dengan alasan usia karyawan, kinerja karyawan,
terjadinya krisis moneter.
Struktur
Organisasi PT. Pos Indonesia
·
KOMISARIS
Komisaris
berfungsi mengawasi tindakan Direksi serta berwenang dalam memberikan nasehat
kepada Direksi sesuai dengan Anggaran Dasar dan peraturan perundang-undangan
yang berlaku. Selain itu Komisaris harus pula memantau efektifitas praktek good
corporate governance yang diterapkan Perusahaan. Dalam menunjang pelaksanakan
tugasnya Komisaris dapat mempertimbangkan untuk membentuk Komite-komite.
- KOMITE
KOMITE
DI BAWAH KOMISARIS
Komite
Audit dan Komite Pemantau Manajemen Risiko Usaha dan Investasi (KPMRUI)
Komisaris dalam
memastikan efektifitas sistem pengendalian intern dan efektifitas pelaksanaan
tugas eksternal auditor dan internal auditor menugaskan Komite Audit untuk
melakukan pemantauan berkala dengan memanfaatkan laporan hasil pengujian oleh
Satuan Pengawasan Intern. Komite Audit dan Komite Pemantau Manajemen Risiko
Usaha dan Investasi (KPMRUI).
- DIREKTUR UTAMA
Direktur
Utama adalah jabatan yang ditunjuk dan memberi laporan kepada Dewan Direksi /
Board of Director (BOD). Direktur bertanggung jawab atas kerugian PT. Atas
kerugian PT, direktur akan dimintakan pertanggungjawabannya baik secara perdata
maupun pidana.Apabila kerugian PT disebabkan kerugian bisnis dan direktur telah
menjalankan kepengurusan PT sesuai dengan maksud dan tujuan PT anggaran dasar,
kebijakan yang tepat dalam menjalankan PT serta UU No. 40 Tahun 2007 Tentang
Perseroan Terbatas, maka direktur tidak dapat dipersalahkan atas kerugian
Perusahaan.
- DIREKTUR SURAT DAN
PAKET
Direktur
Jasa dan Paket bertanggung jawab atas Jasa Pengiriman dan Paket pengiriman yang
terjadi di perusahaan tersebut. Direktur Jasa dan Paket memiliki bawahan SVP
Penjualan dan SVP Operasi yang bertugas memantau Penjualan dan Operasional apa
saja yang terjadi di perusahaan.
- DIREKTUR TEKNOLOGI
DAN JASA KEUANGAN
Direktur
Teknologi dan Jasa Keuangan bertanggung jawab atas pengembangan dan arah bisnis
dari perusahaan yang dapat menghasilkan profit bagi perusahaan. Direktur
Teknologi dan Jasa Keuangan memiliki bawahan SVP Pengembangan Teknologi
Informasi dan SVP Jasa Keuangan yang bertugas mengembangkan teknologi bagi
perusahaan dan memantau kondisi keuangan bisnis perusahaan.
- DIREKTUR RITEL DAN
PROPERTI (LOGISTIK)
Direktur
Ritel dan Properti bertanggung jawab atas hasil penjualan dan properti
perusahaan. Direktur Ritel Properti memiliki bawahan SPV Ritel dan SPV Properti
yang bertugas memantau jumlah pemasukan dan property yang ada pada perusahaan
- DIREKTUR KEUANGAN
Direktur
Keuangan bertanggung jawab atas kondisi dan manajemen kas keuangan yang terjadi
di perusahaan. Direktur Keuangan memiliki bawahan VP Akuntansi, VP Manajemen
Keuangan, dan VP Treasury dan Pajak.
- DIREKTUR SUMBER
DAYA MANUSIA DAN UMUM
Direktorat
Sumber Daya Manusia dipimpin oleh Direktur Sumber Daya Manusia yang bertugas
untuk membina, mengelola, dan memelihara kesejahteraan sumber daya manusia
serta mengembangkan organisasi dan sistem manajemen, dan juga bertanggung jawab
atas kualitas dari sumber daya manusia yang ada di perusahaan dan bertanggung
jawab perekrutan pegawai baru di perusahaan.
Direktorat
Sumber Daya Manusia terdiri dari :
1. Sub
Direktorat Pelatihan
a. Bagian
Penyelenggaraan Pelatihan
b. Bagian
Bina Program
c. Bagian
Umum Pelatihan
2. Sub
Direktorat Pengembangan Sumber Daya Manusia
a. Bagian
Perencanaan Sumber Daya Manusia
b. Bagian
Pembinaan Sumber Daya Manusia
c. Bagian
Informasi dan SIM sumber Daya Manusia
d. Bagian
Organisasi
3. Bagian
Pemeliharaan Sumber Daya Manusia
4. Bagian
Sekretariat Sumber Daya Manusia
SUMBER :
- http://www.posindonesia.co.id/index.php/profil-perusahaan
- http://www.posindonesia.co.id/index.php/profil-perusahaan/organisasi/struktur-organisasi
- http://www.posindonesia.co.id/index.php/profil-perusahaan/good-corporate-governance
- http://www.posindonesia.co.id/index.php/profil-perusahaan/organisasi/direksi
- https://diahjiewha.blogspot.com/2014/03/manajemen-pt-pos-indonesia.html
0 komentar:
Posting Komentar