Senin, 09 November 2015

Tugas Pengantar Bisnis# Softskill Minggu 4

Edit Posted by with No comments
NAMA KELOMPOK :
1. Ellen Putri Sa’diyyah  (22215182)
2. Restu Wahyuningsih      (25215781)
3. Riska Rina Utami W.B  (26215063)                       
KELAS : 1EB19

                              TUGAS MINGGU 4 :

1. SEBUTKAN PERBEDAAN WIRASWASTA DAN WIRASWASTAWAN SERTA UNSUR APA YG DIMILIKI WIRASWASTA
JAWABAN :

Wiraswasta adalah suatu usaha atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau organisasi untuk memberikan nilai tambah terhadap suatu produk hingga memberi kepuasan lebih kepada pelanggan.
- Wiraswastawan adalah seseorang yang memiliki dorongan untuk menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan, disertai modal dan resiko, serta menerima balas jasa dan kepuasan dan kebebasan pribadi atas usahanya tersebut.

Unsur-unsur yang dimiliki wiraswata :
ü  unsur pengetahuan
ü  unsur keterampilan
ü  unsur sikap mental maju
ü  unsur kewaspadaan

2. BAGAIMANA PERKEMBANGAN  FRANCHISING  DI  INDONESIA? SEARCHING  DI INTERNET!
JAWABAN :

Di indonesia, waralaba sebagai format bisnis mulai di kenal pada awal dekade 80-an, seiring masuknya waralaba asing disektor usaha rumah makan siap saji (fast food chain restaurant) antara lain : kfc, pioneer  take out, texas church dan lainnya. jaringan bisnis ini berkembang sangat pesat dalam waktu singkat, bahkan menurut data DEPERINDAG RI hingga tahun 1997 (sebelum terjadinya krisis moneter) telah terdaftar lebih dari 250 perusahaan sebagai penerima waralaba (franchisee) dari suatu waralaba asing, dan tersebar di beberapa bidang .
Di sisi lain, perusahaan lokal telah mengembangkan usahanya dengan mempergunakan format bisnis waralaba jumlahnya tidaklah sebanyak waralaba asing banyak atau hanya 10 persen dari jumlah waralaba asing yag ada di indonesia. perusahaan lokal tersebut antara lain : es teller 77, CFC, ILP, LIA, lutuye salon, Rudy Hadisuwarno, indomart dan lain-lain.
Pesatnya perkembangan waralaba daerah perkotaan di Indonesia, karena didukung oleh jumlah populasi yang tinggi dan daya beli yang baik, disamping pola makan masyarakat bisnis (middle up) yang cenderung makan diluar rumah.


3.      BERI 5 CONTOH RIIL/NYATA  USAHA FRANCHISING YG BERGERAK DI BIDANG :
      - PENDIDIKAN
      - KESEHATAN
      - SALON & PERAWATAN
      - MAKANAN  DALAM NEGERI /LOKAL
      - OTOMOTIF
JAWABAN :

  bidang pendidikan :
a.    Cambrigde
b.    Ganesha Operation
c.     New concept
d.    LPIA
e.    LIA
f.     EF

 bidang kesehatan :
a.    Apotek K-24
b.    Apotek century
c.     Rebel gym
d.    Waralaba detox your body
e.    Reflexy

 bidang salon & perawatan :
a.      Johny Andrean
b.    Rudy hadisuwarno
c .Alex’s salon professional
d.    Esther house of beauty
e.    Jasmine skin care

 bidang makanan dalam negri/lokal :
a.    Steak 21
b.    Kfc
c.     Mc donal’s,
d.    Es teller 77
e.    Burger king
f.     Pizza hut
g.    Martabak alim

 bidang otomotif :
a.    King Auto Interior
b.    Paint Protection
c.     Garda Otto
d.    Auto Bridal

4. JELASKAN PERBEDAAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN BISNIS KECIL DENGAN CONTOH KASUS NYATA !
JAWABAN:

Kewirausahaan dan Bisnis kecil memiliki perbedaan secara signifikan dalam cara :

a. Penciptaan Kekayaan
Usaha kewirausahaan dapat menciptakan kekayaan atau keutungan besar dengan menggatikan pekerjaan tradisional, dan biasannya kekayaan dapat di capai lebih dari beberapa juta dolar.
b.Kecepatan Penciptaan kekayaan 
Sementara usaha kecil dapat menghasilkan kekayaan beberapa juta dolar dalam seumur hidup maka kewirausahaan dapat menghasilkan lebih dari beberapa juta dolar dalam waktu cukup singkat contoh 6 sampai 7 tahun
c.Resiko
Resiko kewirausahaan harus tinggi karena jika tidak maka intensitas pendapatan akan sama, tidak akan ada lagi pengusaha yang mengejar ide dan kesempatan
d. Inovasi
Kewirausahaan sering kali melibatkan pembentukan inovasi melampaui apa usaha kecil lakukan, inovasi ini memberikan keunggulan usaha yang dapat menciptakan kekayaan atau pendapatan besar, inovasi dapat di gunakan dalam produk, jasa itu sendiri atau dalam penerapan proses bisnis untuk menyampaikan maksud inovasi tersebut.

Contoh kasus nyata :
  Seorang wirausaha batik cap, memulai usaha dengan membeli jadi batik cap contoh baju dan menjualnya kemudian akan memproduksi batik cap sendiri dengan nama brandnya ( usaha penciptaan perusahaan besar sendiri ), dengan  inovasi pada produk hingga terlihat jelas perbedaannya yang lebih berkualitas dan di terima dalam pemasaran, mengembangkan produk dan membuka banyak outlate untuk  menjangkau semua pasar hingga mendapat pendapatan atau kekayaan besar dari penjumlahan semua outlate, sedangkan usaha kecil memulai usaha dengan membeli dan menyetok barang hingga penjualannya hanya dalam jangkauan kecil tidak untuk di kembangkan dan hanya mendapatkan pendapatan atau kekayaan dari tempat usaha tersebut saja






0 komentar:

Posting Komentar