NAMA KELOMPOK :
1. Ellen Putri Sa’diyyah (22215182)
2. Restu Wahyuningsih (25215781)
3. Riska Rina Utami W.B (26215063)
KELAS : 1EB19
BAB 6 ( PEMASARAN )
1. SEBUTKAN PERBEDAAN PASAR DAN PEMASARAN
JAWABAN :
A.
Pasar adalah suatu tempat
bertemunya penjual dan pembeli. Dalam ilmu ekonomi, yang dimaksud Pasar adalah
tempat atau sarana bertemunya penjual dan pembeli baik secara langsung maupun
tidak langsung untuk melakukan transaksi jual &beli.
B. Pemasaran
adalah Suatu proses sosial & manajerial dimana seseorang atau kelompok
memperoleh apa yang mereka butuhkan & usahakan melalui pertukaran yang
dapat memenuhi kebutuhan,keinginan dan permintaan seseorang atauh kelompok. Pemasaran merupakan
proses kegiatan pokok dalam sebuah sistem yang dilakukan oleh seseorang untuk
mempertahankan kelangsungan hidupnya melalui aktivitas ekonomi yang
bertujuan menghasilkan laba.
Perbedaan PASAR dan
PEMASARAN
PASAR
|
PEMASARAN
|
1.Tempat atau sarana
dalam transaksi jual-beli
2.Tempat atau sarana
promosi
3.Sebagai alat atau
tempat distribusi
|
1.Proses dalam kegiatan
transaksi jual-beli
2.Kegiatan dalam
mempromosikan barang dan menetapkan harga barang
3.Memberikan informasi
mengenai barang atau jasa
|
2. JELASKAN YANG DIMAKSUD DENGAN BAURAN PEMASARAN
JAWABAN : Bauran pemasaran merupakan
suatu kerangka kerja yang membantu dalam penyusunan suatu pendekatan untuk
setiap pasar. Bauran pemasaran terdiri dari 4 komponen, yaitu :
- Product (produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, and returns.
- Price (harga) adalah sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance, payment period, credit terms, and retail price.
- Place (tempat) adalah berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport.
- Promotion (promosi) adalah berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.
0 komentar:
Posting Komentar